shoutbox

Share Link

http://yusuf-facrony.uni.cc Mari saling tukar menukar link.. silahkan copy kode diatas, saya juga akan link balik anda, thanks
Jumat, 10 Juli 2009

postheadericon Robot Einstein Ramah Seperti Albert Einstein

CALIFORNIA - Tim perancang robot dari University of California, San Diego, tengah mengembangkan robot berwujud ilmuwan ternama Albert Einstein yang bisa berekspresi dengan luwes.

Berkat kecanggihan pengembangan robot terbaru, Einstein versi robot ini bisa tersenyum pada saat senang, dan mengerutkan dahi saat dia sedang memikirkan hal-hal ilmiah. Demikian keterangan yang dikutip dari Red Orbit, Kamis (9/7/2009).

Untuk menciptakan ekspresi yang luwes pada wajah Einstein, tim perancang robot memanfaatkan sebuah proses pembelajaran mandiri. Mereka menggunakan mesin pembelajaran untuk membuat robot agar dapat belajar secara mandiri dalam menampilkan beragam ekspresi wajah.

? Sejauh yang kami tahu, belum ada pembuat robot manapun yang menggunakan mesin pembelajaran untuk mengajari robot menampilkan ekspresi wajah yang alamiah," kata salah satu anggota tim, Tingfan Wu.

Robot Einstein yang dirancang tim University of California menampilkan gerak wajah secara acak asimetris sebagai bagian dari proses belajar berekspresi.

Dalam percobaan itu, wajah Einstein terlihat sangat luwes memainkan ekspresinya. Hal itu terlihat ketika sejumlah pengontrol otot wajah Einstein terangkat. Robot Einstein memiliki sekira 30 otot wajah yang digerakkan oleh motor servo mini yang saling terkoneksi satu sama lain.

Wu mengatakan, pengembangan robot Einstein ini akan sangat bermanfaat dalam menemukan cara baru untuk mengotomatiskan proses mengajari robot menampilkan beragam ekspresi alami. (srn)
okezone.com

0 komentar: